Perubahan Drastis Metode Menjual

Dalam sepuluh tahun terakhir ini, dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi internet, cara menjual telah mengalami perubahan drastis.

Pembeli sangat mudah mendapat informasi yang mereka perlukan sebelum memutuskan untuk membeli. Sehingga, peluang bagi Salesperson untuk berinteraksi dengan prospek menjadi semakin sempit. Keadaan ini membuat teknik prospecting, yang telah dipelajari dan diterapkan oleh tim Sales anda selama ini, menjadi usang dan tidak efektif lagi.

Banyak Sales Manager dan Pemimpin Usaha bingung, tidak tahu perangkat kompetensi apa lagi yang perlu diberikan kepada tim mereka dan bagaimana merubah proses penjualan, agar dapat beradaptasi dengan situasi penjualan terkini, tetap eksis dalam bisnisnya, dan keluar sebagai pemenang dalam persaingan.

Nampak sangat jelas bagi mereka, kecenderungan penjualan yang terus menurun. Sehingga, bila mereka hanya bertahan menggunakan metode menjual yang telah usang, tinggal menunggu waktu saja, kalah dalam persaingan, dan laba hasil penjualan tidak lagi dapat menutup biaya operasional, akhirnya, perusahaan terpaksa harus ditutup.

Berita baiknya, teknologi internet jugalah yang membuka banyak kemudahan bagi Professional Salesperson untuk melaksanakan pekerjaannya secara efektif, dan mendapat hasil melimpah. Pekerjaan mengumpulkan informasi mengenai prospek, dan melakukan pendekatan pribadi, yang dulu dilaksanakan secara manual dan offline, kini dapat dilakukan dengan bantuan tools yang ada, dan secara online. Metode ini dikenal dengan sebutan “Sales Intelligence”.

Metode ini sangat ampuh, karena beberapa hal berikut ini:

  • Menghemat waktu secara signifikan dalam pengumpulan informasi
  • Proses kualifikasi prospek didukung oleh data yang akurat dan terkini
  • Peringatan dini (alert) dari systems
  • Interaksi dengan prospek sejak dini
  • Pendekatan pribadi, dan proses edukasi prospek dapat dilakukan bahkan sebelum Salesperson bertemu muka dengan prospek

 

Workshop: Peran Strategis Sales Intelligence dan Prospecting Pada Penjualan
Workshop: Peran Strategis Sales Intelligence dan Prospecting Pada Penjualan

Sedianya saya akan mengadakan seminar publik dengan topik ini, tapi saya banyak menerima permintaan inhouse workshop dari berbagai perusahaan untuk topik yang sama, dan mereka tidak bersedia menunggu, karena khawatir kalau pesaing mereka telah lebih dulu mempelajari dan menerapkan metode inisehingga mereka akan tertinggal dan kalah bersaing.

Semoga artikel ini tidak sekedar memberikan insprirasi bagi anda, tapi menggerakkan anda untuk SEGERA BERTINDAK, lebih awal dari pesaing anda. Kelangsungan hidup dan kesuksesan usaha anda, menunggu KEPUTUSAN dan TINDAKAN anda.

Anda bebas untuk menghubungi saya via email virja.dg@targetsalesacademy.com, bila memerlukan bantuan.

Indeks Kepuasan Peserta Workshop

Dibawah ini adalah photo peserta workshop “Managing Sales Team” dan tanggapan mereka terhadap workshop tersebut.

Workshop MANAGING SALES TEAM
Workshop MANAGING SALES TEAM
Workshop: Managing Sales Team
Workshop: Managing Sales Team

Index Kepuasan dan Loyalitas Peserta

Feedback1

Feedback2

Workshop MANAGING SALES TEAM
Workshop MANAGING SALES TEAM

Mengapa SALESMAN TANGGUH Tidak Selalu SUKSES Menjadi SALES MANAGER?

Bila saya bertanya kepada Salesman tangguh, “Apa posisi karir selanjutnya yang Anda harapkan?”

Pada umumnya mereka menjawab dengan mantap “SALES MANAGER”. Padahal, seorang Salesman tangguh tidak selalu sukses ketika dipromosikan menjadi Sales Manager. Mengapa demikian?

Karena fokus dan karakteristik pekerjaan mereka sangat berbeda.

Salah satu ciri utama Salesman tangguh adalah fokus pada kebutuhan pelanggan.

Mereka pada umumnya lebih suka bekerja sendiri secara independen, senang dan bangga untuk tidak memihak kepada solusi/produk tertentu, mereka hanya memikirkan solusi/produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, yang notabene tidak selalu solusi/produk dari perusahaannya. Karakteristik ini yang disukai oleh pelanggan mereka, dan membuat mereka sukses

Namun demikian, fokus dan karakteristik ini tidak akan membuat Sales Manager mencapai sukses, mengapa? Seorang Sales Manager harus mampu bekerja-sama dan memimpin tim-nya, tidak bisa bekerja secara independen. Tugas utama Sales Manager, bahkan semua Manager, adalah “Getting things done through others”, bukan mengerjakannya sendiri.

Jadi, Sales Manager harus fokus pada manusia, terutama timnya. Ini sangat berbeda dengan Salesman yang fokus pada kebutuhan pelanggannya.

Sehingga, untuk mencapai sukses seorang Sales Manager perlu menguasai keterampilan-keterampilan yang berorientasi pada peningkatan produktivitas tim, seperti:

  • Memilih kandidat Sales yang tepat
  • Mengkomunikasikan:
    • Tujuan dan sasaran kinerja yang perlu dicapai
    • Budaya kerja perusahaan
  • Motivasi
  • Coaching & Counseling
  • Mentoring

Semua keterampilan tersebut diatas tidak dimiliki oleh seorang Salesman tangguh, bedanya seperti siang dan malam. Jadi, seorang Salesman tangguh tidak otomatis akan sukses ketika dipromosikan menjadi Sales Manager. Mereka perlu dibekali dengan skill set yang diperlukan untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Anda boleh segera menghubungi saya via email di virja.dg@targetsalesacademy.com bila memerlukan bantuan yang berhubungan dengan pekerjaan Sales Manager dan Salesperson.

Persiapan Menghadapi MEA 2015

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan besar harus mempersiapkan sumber daya manusia untuk dapat bersaing baik dalam rangka menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). Simak selengkapnya disini.

Pertanyaannya:

Sudah siapkah tim anda?

Bila jawabnya BELUM. Apa lagi yang anda tunggu? Apa yang menghambat untuk anda untuk mengembangkan kemampuan Tim agar lebih tangguh dan produktif? Apakah anda khawatir hasilnya tidak sesuai harapan atau tidak efektif? Dan investasi anda menjadi sia-sia?

Melalui program “Sukseskan Indonesia untuk MEA 2015” kami siap membantu Anda.

Berikut ini kondisi yang kami tawarkan:

  1. Peserta hanya membayar Trainer fee, bila training tersebut bermanfaat. Jadi, tidak perlu membayar, bila dianggap kurang bermanfaat/relevan dengan kebutuhan anda
  2. Peserta menentukan sendiri nilai Trainer fee yang layakdan waktu pembayarannya
  3. Peserta boleh memilih salah satu topik dibawah ini untuk in-house training ditempatpeserta:
    • Excellent Customer Service
    • Solution Selling Framework
    • Innovation and Creative Result
    • Impressive Business Presentation
  4. Masa reservasi sampai tanggal 30 Desember 2014
  5. Pelaksanaan Training sampai dengan 31 Maret 2015
  6. Biaya transportasi dan akomodasi ditanggung peserta

Untuk dapat manfaat dari program ini, segera lakukan reservasi dengan langsung menghubungi saya virja.dg@targetsalesacademy.com

Permohonan kami layani dengan prioritas “first come, first serve”, dan reservasi untuk program ini hanya kami buka sampai tanggal 30 Desember 2014.

SUKSES mengunggu KEPUTUSAN dan TINDAKAN anda.

Salam fantastis,

Virja DG

Business Sharing Assembly

Business Sharing Assembly
Business Sharing Assembly

Pada 2015 mendatang, kesepakatan Masyakarat Ekonomi ASEAN atau pasar bebas ASEAN mulai berlaku. Jika ingin tetap bisa bersaing, Indonesia harus berbenah. Demikian KONTAN menulis.

Tahun 2015 tinggal hitungan hari. Siapkah Anda untuk menghadapi persaingan bebas ini? Apa yang akan Anda lakukan agar bisnis Anda dapat bersaing dan tetap berkembang?

Bila ada satu event, yang dapat memberikan Anda inspirasi cara-cara praktis bukan hanya untuk bertahan, tapi mengembangkan usaha Anda secara kontinu, apakah Anda mau hadir? Bila jawaban Anda “YA”, maka Business Sharing Assembly ini untuk Anda.

Business Sharing Assembly dirancang untuk menjawab kebutuhan Anda, para Eksekutif dan Praktisi Bisnis. Di forum ini peserta akan membahas, dan mengkaji, berbagai ide dan langkah praktis yang dapat segera diterapkan di lingkungan bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan, keuntungan, efisiensi, dan/atau mengurangi resiko, sehingga bisnis Anda akan terus berkembang dan menjadi lebih kuat.

Hanya ada tiga cara untuk mengembangkan suatu usaha, yakni:

  1. Meningkatkan jumlah pelanggan
  2. Meningkatkan nilai transaksi rata-rata
  3. Meningkatkan frekwensi pembelian

Pada umumnya orang hanya berfokus pada cara pertama, cara yang paling mahal, karena paling banyak memerlukan investasi usaha, waktu, dan biaya, singkatnya paling tidak efisien. Sesungguhnya, cara kedua dan ketiga lebih menjanjikan potensi untuk tumbuh dan berkembang.

Tapi, jangan khawatir! Bila Anda lebih suka melakukan cara pertama, masih ada cara-cara spesifik, yang jarang dilakukan orang, namun efektif dan efisien.

Pada Assembly tanggal 17 Desember 2014 akan dibahas cara efektif untuk melaksanakan ketiga cara tersebut diatas.

Acara ini akan dipandu langsung oleh Ir. Virja Dharma Gita, Master Trainer – TARGET SALES ACADEMY.

Pastikan Anda telah telah TERDAFTAR untuk dapat hadir di acara ini. Bila belum, daftarkan segera! Tempat SANGAT TERBATAS.

Kirim, pendaftaran Anda via email ke bsa_rsvp@targetsalesacademy.com dengan mengirimkan informasi:
Nama Peserta:
Perusahaan:
Jabatan:
E-mail:
No. HP:

Kontribusi: Rp. 500.000 (limaratuslima ribu rupiah) per peserta, termasuk handout, snack & drink

Setiap Peserta yang mendaftar dan membayar kontribusi sebelum 1 Desember 2014 boleh mengajak 1 orang teman tanpa biaya tambahan.