Perubahan Drastis Metode Menjual


Dalam sepuluh tahun terakhir ini, dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi internet, cara menjual telah mengalami perubahan drastis.

Pembeli sangat mudah mendapat informasi yang mereka perlukan sebelum memutuskan untuk membeli. Sehingga, peluang bagi Salesperson untuk berinteraksi dengan prospek menjadi semakin sempit. Keadaan ini membuat teknik prospecting, yang telah dipelajari dan diterapkan oleh tim Sales anda selama ini, menjadi usang dan tidak efektif lagi.

Banyak Sales Manager dan Pemimpin Usaha bingung, tidak tahu perangkat kompetensi apa lagi yang perlu diberikan kepada tim mereka dan bagaimana merubah proses penjualan, agar dapat beradaptasi dengan situasi penjualan terkini, tetap eksis dalam bisnisnya, dan keluar sebagai pemenang dalam persaingan.

Nampak sangat jelas bagi mereka, kecenderungan penjualan yang terus menurun. Sehingga, bila mereka hanya bertahan menggunakan metode menjual yang telah usang, tinggal menunggu waktu saja, kalah dalam persaingan, dan laba hasil penjualan tidak lagi dapat menutup biaya operasional, akhirnya, perusahaan terpaksa harus ditutup.

Berita baiknya, teknologi internet jugalah yang membuka banyak kemudahan bagi Professional Salesperson untuk melaksanakan pekerjaannya secara efektif, dan mendapat hasil melimpah. Pekerjaan mengumpulkan informasi mengenai prospek, dan melakukan pendekatan pribadi, yang dulu dilaksanakan secara manual dan offline, kini dapat dilakukan dengan bantuan tools yang ada, dan secara online. Metode ini dikenal dengan sebutan “Sales Intelligence”.

Metode ini sangat ampuh, karena beberapa hal berikut ini:

  • Menghemat waktu secara signifikan dalam pengumpulan informasi
  • Proses kualifikasi prospek didukung oleh data yang akurat dan terkini
  • Peringatan dini (alert) dari systems
  • Interaksi dengan prospek sejak dini
  • Pendekatan pribadi, dan proses edukasi prospek dapat dilakukan bahkan sebelum Salesperson bertemu muka dengan prospek

 

Workshop: Peran Strategis Sales Intelligence dan Prospecting Pada Penjualan
Workshop: Peran Strategis Sales Intelligence dan Prospecting Pada Penjualan

Sedianya saya akan mengadakan seminar publik dengan topik ini, tapi saya banyak menerima permintaan inhouse workshop dari berbagai perusahaan untuk topik yang sama, dan mereka tidak bersedia menunggu, karena khawatir kalau pesaing mereka telah lebih dulu mempelajari dan menerapkan metode inisehingga mereka akan tertinggal dan kalah bersaing.

Semoga artikel ini tidak sekedar memberikan insprirasi bagi anda, tapi menggerakkan anda untuk SEGERA BERTINDAK, lebih awal dari pesaing anda. Kelangsungan hidup dan kesuksesan usaha anda, menunggu KEPUTUSAN dan TINDAKAN anda.

Anda bebas untuk menghubungi saya via email virja.dg@targetsalesacademy.com, bila memerlukan bantuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s