Mengapa SALESMAN TANGGUH Tidak Selalu SUKSES Menjadi SALES MANAGER?


Bila saya bertanya kepada Salesman tangguh, “Apa posisi karir selanjutnya yang Anda harapkan?”

Pada umumnya mereka menjawab dengan mantap “SALES MANAGER”. Padahal, seorang Salesman tangguh tidak selalu sukses ketika dipromosikan menjadi Sales Manager. Mengapa demikian?

Karena fokus dan karakteristik pekerjaan mereka sangat berbeda.

Salah satu ciri utama Salesman tangguh adalah fokus pada kebutuhan pelanggan.

Mereka pada umumnya lebih suka bekerja sendiri secara independen, senang dan bangga untuk tidak memihak kepada solusi/produk tertentu, mereka hanya memikirkan solusi/produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, yang notabene tidak selalu solusi/produk dari perusahaannya. Karakteristik ini yang disukai oleh pelanggan mereka, dan membuat mereka sukses

Namun demikian, fokus dan karakteristik ini tidak akan membuat Sales Manager mencapai sukses, mengapa? Seorang Sales Manager harus mampu bekerja-sama dan memimpin tim-nya, tidak bisa bekerja secara independen. Tugas utama Sales Manager, bahkan semua Manager, adalah “Getting things done through others”, bukan mengerjakannya sendiri.

Jadi, Sales Manager harus fokus pada manusia, terutama timnya. Ini sangat berbeda dengan Salesman yang fokus pada kebutuhan pelanggannya.

Sehingga, untuk mencapai sukses seorang Sales Manager perlu menguasai keterampilan-keterampilan yang berorientasi pada peningkatan produktivitas tim, seperti:

  • Memilih kandidat Sales yang tepat
  • Mengkomunikasikan:
    • Tujuan dan sasaran kinerja yang perlu dicapai
    • Budaya kerja perusahaan
  • Motivasi
  • Coaching & Counseling
  • Mentoring

Semua keterampilan tersebut diatas tidak dimiliki oleh seorang Salesman tangguh, bedanya seperti siang dan malam. Jadi, seorang Salesman tangguh tidak otomatis akan sukses ketika dipromosikan menjadi Sales Manager. Mereka perlu dibekali dengan skill set yang diperlukan untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Anda boleh segera menghubungi saya via email di virja.dg@targetsalesacademy.com bila memerlukan bantuan yang berhubungan dengan pekerjaan Sales Manager dan Salesperson.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s