Efisiensi Budget Training


Di era persaingan bisnis yang semakin ketat sekarang ini pelatihan atau Training dirasakan semakin menjadi kebutuhan pokok. Para Pengusaha dan Pimpinan Perusahaan telah menyadari sepenuhnya bahwa hanya karyawan terlatih dapat diharapkan menunjukkan kinerja optimal. Sebaliknya, karyawan tidak terlatih dapat membuat kesalahan yang mungkin berakibat fatal bagi perusahaan.

Dilema klasik yang sering dihadapi oleh para pemimpin usaha adalah keterbatasan anggaran yang dialokasikan untuk pelatihan dibandingkan dengan total anggaran yang diperlukan untuk memberikan pelatihan memadai bagi karyawan yang memerlukannya. Sehingga mereka perlu memikirkan strategi efektif untuk mengatasi masalah keterbatasan anggaran ini dan tetap dapat memberikan pelatihan (training) yang optimal kepada seluruh karyawan yang memerlukannya.

Strategi Efisiensi Budget Training

Kita semua tahu bahwa mengundang Trainer dari luar perusahaan memerlukan anggaran tidak sedikit, apalagi bila karyawan yang memerlukan pelatihan cukup banyak (100 orang, atau lebih), dan mengundang Trainer terkenal.

Beberapa tips berikut  ini dapat membantu Anda dalam mengatur anggaran training secara efisien:

  • Bentuk tim trainer internal. Biasanya tim ini berada dibawah kordinasi bagian HRD. Tugaskan sejumlah karyawan, sesuai dengan kebutuhan, menjadi trainer tetap untuk keperluan internal. Bila orang yang ditugaskan belum memiliki keterampilan memadai sebagai trainer, kirim mereka ke tempat pelatihan trainer. Langkah strategis ini akan menghemat anggaran sangat signifikan, yang seharusnya dibayarkan kepada trainer eksternal.
  • Bila perusahaan belum memiliki bahan training standard untuk topik yang diperlukan, bisa membeli materi training dari institusi profesional yang secara khusus membangun materi training untuk dijual. Memang, materi tersebut belum 100% sesuai dengan kebutuhan Anda, karena materi tersebut dirancang dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan umum. Materi training yang sangat baik seharusnya dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat disesuaikan (customizable) dengan kebutuhan Anda. Melalui langkah ini, selain menghemat waktu dan usaha, Anda akan mendapatkan materi training dengan standard professional dan dapat di-customize untuk memenuhi kebutuhan Anda
  • Bila perusahaan Anda terdiri dari banyak cabang yang secara geografis terpisah jauh satu dengan lainnya, anda dapat memanfaatkan teknologi E-Learning Management System (ELMS). Anda tidak perlu memikirkan bagaimana cara membangun dan maintenance system tersebut. Anda tinggal menghubungi perusahaan yang menawarkan jasa ELMS dan membayar biaya bulanan. Dengan menggunakan jasa perusahaan ELMS, Anda akan mendapatkan manfaat ganda:
    • Memiliki modul-modul training standard perusahaan yang siap untuk digunakan oleh setiap karyawan yang berhak setiap saat, kapan saja, dimana saja.
    • Menghemat biaya-biaya yang terkait dengan pelatihan secara sangat signifikan, antara lain:
      • Biaya perjalanan karyawan, termasuk: Transport, hotel, dan akomodasi
      • Waktu yang digunakan karyawan peserta training
      • Biaya penyelenggaraan training, termasuk: Sewa tempat dan peralatan, konsumsi, dll.
      • Trainer fee, bila mengundang eksternal trainer.
  • Anda boleh mengundang eksternal trainer hanya untuk topik-topik training yang memerlukan keterampilan khusus dan pengalaman yang panjang, seperti: Professional Sales. Untuk topik ini Anda perlu mengundang eksternal trainer  yang memiliki pengalaman kerja relevan dengan topik training yang diperlukan, dan didukung dengan proven track of record yang meyakinkan

Anda akan menghemat biaya training secara signifikan, dan mendapat banyak manfaat tambahan lainnya dengan melaksanakan tip-tip tersebut diatas.

Silakan Anda pertimbangkan, dan buat keputusan sesuai dengan kebutuhan Anda.

SUKSES menunggu KEPUTUSAN dan TINDAKAN Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s