Bahasa Tubuh dan Pengaruhnya pada Komunikasi Jurujual


Pemikiran bahwa kita berkomunikasi tidak hanya melalui kata-kata tapi melibatkan seluruh tubuh disebut “bahasa tubuh“.

Bahasa tubuh terdiri dari komunikasi non-verbal, seperti: gerakan (gesture), postur, ekspresi wajah, gerakan mata, sentuhan, kualitas suara dan ruang fisik.

Lalu apa hubungannya Jurujual dengan “bahasa tubuh”?

Salah satu aktifitas utama seorang Jurujual dalam menjalankan tugasnya adalah berkomunikasi dengan prospek/pelanggannya. Dengan menguasai bahasa tubuh, mereka dapat mengetahui moment yang tepat untuk menanyakan atau menyampaikan satu informasi. Jadi mereka akan lebih efektif dalam menjalankan pekerjaannya.

Apa Pengaruh Bahasa Tubuh

Merupakan satu fakta yang tidak terbantahkan bahwa setiap orang, tidak bisa tidak, selalu berkomunikasi melalui bahasa tubuh.

Dengan menyadari bahasa tubuh diri sendiri, kita dapat dengan cepat mengoreksi postur dan gerakan (gesture) untuk menghindari kesalahpahaman. Satu contoh sederhana, kita semua tahu bahwa “menguap” dapat diartikan sebagai kebosanan. Menyadari asosiasi ini, tentu kita akan berusaha menghindarinya ketika sedang menyimak pembicaraan seseorang, untuk menjaga perasaan si pembicara.

Dengan menguasai bahasa tubuh dengan baik, Anda dapat mengendalikan penampilan dan pencitraan diri lebih teliti, seperti seorang politisi. Ini memungkinkan Anda untuk merencanakan dengan hati-hati bagaimana orang diharapakan akan bereaksi terhadap Anda dan mempunyai kesan tentang Anda, yang pada gilirannya akan meningkatkan dampak kehadiran Anda.

Tujuan utama mempelajari bahasa tubuh adalah untuk mengerti emosi, niat, dan sikap orang lain yang sesungguhnya terhadap kita. Ini dapat memperbaiki kualitas komunikasi kita dengan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s