Bagaimana Menjual Ide Kepada Atasan?


Di satu sisi banyak diantara anda yang memimikirkan tentang bagaimana cara membuat proses bisnis menjadi lebih efektif, atau meningkatkan kenyamanan lingkungan kerja, tetapi hanya sedikit yang berupaya nyata untuk mengkomunikasi ide-ide ini kepada atasannya, alasannya sederhana:
Tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan sebuah ide, atau khawatir jika pendapatnya dianggap jelek, maka dapat mempengaruhi pandangan atasan terhadapnya.

Padahal peluang untuk promosi di perusahaan seringkali dihubungkan dengan visibilitas anda dalam perusahaan, terutama di mata atasan langsung. Jika tidak ingin kehilangan kesempatan untuk promosi, anda harus berusaha secara konsisten untuk membuat diri anda dilihat atau diingat oleh atasan.

Selain menawarkan untuk mengambil tanggung jawab lebih, menjual ide mungkin merupakan salah satu cara tercepat agar Anda diperhatikan atasan.

Dari pengalaman kami, ada 6 langkah untuk membantu Anda menjual ide kepada atasan secara lebih efektif:

1. Biasakan diri untuk berinteraksi dengan atasan, bahkan sebelum Anda memutuskan untuk menjual ide apapun kepadanya. Ini diperlukan untuk membangun kredibilitas anda dihadapan atasan dan memahami dia dengan lebih baik. Selain itu Anda juga dapat membangun rasa percaya diri dan merasa lebih nyaman berada di hadapan atasan Anda.

Manfaatkan kesempatan ini untuk mencari tahu apa yang menjadi fokus perhatian dia, apakah tentang peningkatan produktivitas, atau pengurangan biaya, atau meningkatkan penjualan? Apa GOALnya dan indikator kinerja kunci-nya (KPI) untuk tahun ini? Tanyakan pada diri Anda sendiri, apakah ide Anda dapat membantu dia untuk mencapai tujuannya itu dengan lebih baik? Jika mungkin, cari tahu tingkat kewenangannya. Apa yang dapat dan tidak dapat dia setujui. Tentu saja, hal ini memerlukan suatu tingkat kepercayaan tertentu – yang mungkin memerlukan waktu untuk membangunnya.

Berusahalah untuk mencari tahu mengenai atasannya. Apa yang menjadi goal dan perhatian utamanya? Tapi Anda harus tetap menghormati atasan Anda sendiri. Setiap saat Anda harus memiliki sikap siap membantu atasan Anda untuk mencapai tujuannya.

2. Ide yang disampaikan tepat pada waktunya akan sangat ampuh. Tunggulah waktu yang tepat untuk menyampaikan pemikiran Anda kepadanya. Bukan waktu yang tepat untuk berbicara dengannya saat dia sedang bergegas untuk membicarakan anggaran tahunan Departemen atau bila dia sedang mempersiapkan presentasi untuk kantor pusat, misalnya.

3. Menawarkan diri untuk menjadi pelaksana ide Anda. Jangan hanya melemparkan ide pada atasan Anda. Datanglah dengan rencana pelaksanaann yang rinci dan menawarkan diri untuk menjalankannya.

Beberapa atasan khawatir akan adanya “pekerjaan tambahan” yang datang dari ide-ide Anda. Biarkan atasan tahu bahwa Anda memiliki kemampuan dan waktu untuk mengemban tanggung-jawab baru ini.

4. Pelajari kemampuan komunikasi dan presentasi. Jika Anda lemah dalam presentasi dan komunikasi, upayakan untuk mengambil kelas atau belajar dari seseorang. Anda tidak akan menjadi lebih baik bila Anda tidak mulai belajar melakukannya.

Berlatihlah di depan cermin. Anda dapat mulai dengan menguraikan gambaran besar dan rangkum pemikiran Anda ke dalam bentuk butir-butir. Pesan yang ingin anda sampaikan harus terstruktur secara logis. Tanpa struktur yang logis, maka pesan Anda mungkin hanya akan membingungkan.

5. Jika Anda berada di posisi atasan Anda, apa kira-kira yang akan Anda katakan terhadap ide Anda? Pikirkan kritik apa kira-kira yang akan Anda terima dari atasan Anda dan berlatihlah untuk memberikan jawaban yang tepat atas kritik ini.

6. Beranikan diri untuk menyampaikan ide Anda. Anda tidak memerlukan rompi anti-peluru hanya untuk menyampaikan ide kepada atasan. Tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.
Alasan utama mengapa banyak yang tidak melakukan apa-apa adalah takut akan kegagalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s