Kalimat Pembuka Presentasi yang Memukau


Kalimat yang anda gunakan dalam membuka satu presentasi harus menarik perhatian dan membangun rapport dengan pemirsa. Hindari membuka satu presentasi dengan menggunakan kalimat yang membosankan seperti beberapa contoh dibawah ini:

  • Terima kasih atas undangan untuk kami mempresentasikan …
  • Saya tidak menduga telah mendapat kesempatan …
  • Terus terang, saya sama sekali belum menyiapkan sesuatu untuk presentasi ini, tapi …
  • Saya akan membahas mengenai …

Kalimat-kalimat tersebut diatas bukan hanya tidak menarik, bahkan lebih buruk dari itu mungkin dirasakan mengganggu.

Untuk menarik perhatian permirsa anda bisa menggunakan beberapa teknik berikut ini:

1. Lontarkan pertanyaan yang tidak umum
Pertanyaan akan segera melibatkan perhatian pemirsa. Mengapa? Karena pertanyaan akan memaksa pemirsa untuk mencari jawabannya, maka secara otomatis pikiran mereka akan terlibat. Sebagai contoh, ketika anda mengajukan pertanyaan, “Apa yang paling banyak menguras produktifitas di tempat kerja, situs jejaring sosial seperti Facebook atau hubungan asmara di kantor?” pemirsa akan berpikir, “Itu pertanyaan bagus. Apa kira-kira jawabannya?”

Penting untuk anda perhatikan dalam menggunakan teknik ini, hindari penggunaan pertanyaan klise, seperti “apakah anda pernah memperhatikan…”, jangan takut untuk membuat suasana menjadi agak tegang. Tujuan anda adalah untuk merebut perhatian pemirsa, dan untuk itu kadang anda perlu mendramatisir. Ini merupakan teknik pembuka yang sangat efektif.

Anda bisa menggunakan beberapa contoh pertanyaan dibawah ini:

  • Apa yang akan anda lakukan untuk memajukan bisnis di Indonesia, kalau anda menjadi ketua KADIN?
  • Bagaimana Anda dapat meningkatkan penjualan dalam situasi pasar yang sedang bergejolak?
  • Ketika Anda merasa kalah dalam bisnis, kemana Anda akan mencari bantuan?
  • Bagaimana anda dapat menjual, ketika tak seorangpun menanggapi penawaran anda?
  • Apa pendapat Anda mengenai pernyataan Bapak/Ibu …? (sebutkan nama politisi/tokoh masyarakat yang baru membuat pernyataan kontroversial) baru-baru ini.

2. Gunakan pernyataan kontrovesial
Pernyataan yang kontroversial akan merebut perhatian pemirsa. Pernyataan ini harus tidak umum, dan harus berhubungan dengan topik yang akan anda bawakan. Contoh, satu iklan dibuka dengan pernyataan “setiap tiga menit satu orang mati terbunuh oleh senjata ilegal di Amerika”. Ini merupakan contoh penggunaan fakta yang mengejutkan untuk menarik perhatian.

Pernyataan anda akan menempatkan anda pada issue yang anda utarakan dan akan menjadi titik awal presentasi anda. Contoh:

  • Musuh terbesar kita bukanlah pelaku bisnis sejenis yang ada di pasar, tapi kekurangan kita dalam inovasi.
  • Bisnis kita lebih menyerupai sebuah kompetisi maraton daripada sprin.
  • Kita sedang mengdadapi masalah besar dengan pasokan kedelai (bila anda sedang bicara di hadapan para pengusaha yang membutuhkan kedelai sebagai bahan bakunya)

3. Mengomentari pembicara sebelumnya
Untuk menggunakan teknik ini anda harus berada di tempat presentasi sebelum giliran anda untuk bicara, dan menyimak pembicara sebelumnya. Teknik ini efektif terutama bila pembicara sebelumnya adalah CEO atau tokoh dalam industri yang sedang dibicarakan. Dengan mengomentari presentasinya anda akan membuat asosiasi dengan pembicara tersebut dan melanjutkan kredibilitasnya. Ketika anda mengutip satu pendapat atau pandangannya, dan setuju dengan pendapat tersebut atau mengembangkannya, ini akan memberi kesan kepada pemirsa bahwa ada kerja-sama diantara anda berdua, atau paling tidak, anda mempunyai pandangan yang sama. Ini akan membantu pemirsa untuk menangkap tema yang konsisten dalam meeting atau presentasi tersebut.

Anda tertarik untuk belajar presentasi lebih lanjut? Silakan simak topik Presentasi 3M: Mudah, Menarik, dan Meyakinkan di VDG e-Learning di sini

Bila Anda membutuhkan pelatihan atau workshop untuk topik ini, silakan hubungi adela.victoria@targetsalesacademy.com. Kami akan segera membantu anda.

Klik disini, bila Anda memerlukan Materi Training siap pakai untuk “Presentation Skills“.

Jika Anda perlu penghasilan tambahan silakan simak yang satu ini.

About these ads

About Target Sales Academy

Virja Dharma Gita telah menekuni karir dalalm bidang Sales sejak tahun 1979. Dalam perjalanan karirnya ia telah berkarya di berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan kecil, menengah, besar berskala nasional, dan terakhir di perusahaan multi-nasional berasal dari Amerika dan Perancis. Jabatan terakhir Virja Dharma Gita adalah Country Manager untuk Indonesia di APC Corporation, sebuah perusahaan Multi-nasional asal Amerika dan Managing Director di PT. MGE Indonesia, anak perusahaan dari MGE Perancis
This entry was posted in Personal Development article, Presentation Skill, Sales Article and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Kalimat Pembuka Presentasi yang Memukau

  1. irul 2 says:

    menurt w ngga usah lebay kaya gitu
    udah biasa aja simple padas jelas itu
    aja menurut w cukup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s